Menuju Sales Superstar

Menjadi seorang Sales dan Marketing tidaklah mudah, terutama untuk menjual produk layanan atau service. Tahun pertama umumnya merupakan masa tersulit bagi seorang Sales, apalagi jika modal nekat merupakan satu-satunya ‘peluru’ yang digunakan untuk menghadapi prospek atau calon klien. Penolakan menjadi sesuatu yang nyaris pasti dan terjadi berulang kali. Selain menggunakan jejaring (network) yang dimiliki sebelumnya sering kali tidak cukup sehingga strategi lain yang dilakukan untuk mendapatkan klien adalah dengan menggunakan metode sales/marketing yang paling konvensional yaitu canvassing atau door-to-door. Tantangan lain muncul ketika harus berhadapan dengan prospek yang sama sekali asing. Rasa percaya diri yang dimiliki masih akan membuahkan hasil yang sama: penolakan. Putus asa yang mengarah pada demotivasi seringkali hal lanjutan yang terjadi pada seorang Sales.
Dalam ‘The Star Power’ terdapat lima power atau kekuatan dalam diri setiap orang yang dapat diasah secara sadar untuk mengelola energi untuk menjalankan aktivitas dalam pekerjaan dan kehidupan sehari-hari, yaitu Power of Being Perfect, Power of Receiving, Power of Believing, Power of Giving dan Power of Repeating. Seorang Sales perlu mengelola kekuatan-kekuatan ini dalam dirinya untuk tetap memiliki energi positif yang stabil dalam menghadapi tantangan pekerjaannya. Salah satu kekuatan yang cukup signifikan untuk dikelola sebagai dasar untuk mendorong keluarnya kekuatan yang lain adalah penggunaan Power of Receiving, Kekuatan ini mendorong adanya penerimaan terhadap penolakan-penolakan yang diterima dari calon klien, kondisi sulitnya menerangkan produk layanan kepada calon klien, dan sulitnya menutup penjualan produk layanan.
Menggunakan Power of Receiving secara sadar menimbulkan kepercayaan diri yang stabil dan pada akhirnya mendorong munculnya Power of Believing sehingga lebih memudahkan untuk melakukan pendekatan dengan calon klien. Dimana alih-alih berupaya menjelaskan mengenai produk layanan yang dimiliki, Sales dapat menggunakan teknik Knowledge Sharing dalam menghadapi calon klien. Lebih memfokuskan diri pada berbagi pengalaman dan pengetahuan dibandingkan dengan menjual produk. Hal ini justru menimbulkan kepercayaan atau trust dari calon klien dan klien terhadap salesperson dan perusahaan. Beberapa tips yang dapat dilakukan oleh salesperson dalam menjalankan pekerjaan antara lain:

  • Berorientasi pada memberikan solusi bagi calon klien untuk peningkatan usahanya
  • Membuat kesan pertama yang mengesankan
  • Jangan pernah memaksa terhadap konsumen
  • Percaya diri, energik, dan optimisme tinggi
  • Bukan berpusat hanya menjual produk tetapi memberikan solusi
  • Jangan bertindak terlalu agresif, seorang sales bukanlah pengganggu
  • Jaga hubungan dan komunikasi baik dengan calon klien
  • Cintai profesi sales
  • Jiwa seorang sales adalah pantang mundur
  • Mempunyai etos kerja baik, integritas, trust dan professional

Pada dasarnya integritas, kepercayaan (trust) dan profesionalisme adalah tiga hal penting yang harus ditanamkan dalam diri seorang salesperson. Ini adalah dasar menjadi ‘Sales Superstar’. Jangan takut untuk memulai dan percayalah bahwa seorang sales sejati tidak boleh berputus asa dan berhenti sampai disini, masih banyak harapan diluar sana dan kita harus berjuang untuk mengejar harapan itu.
Salam ‘The Star Power’ dan jadilah ‘Sales Superstar’!!!

Sofie Mulya Dewi
Service Account – Insan Performa Consultants

how can we help you?

Contact us at the Consulting WP office nearest to you or submit a business inquiry online.

The Star Power sangat kena banget buat di kehidupan sehari-hari terutama untuk memperbaiki diri

Asep Saeful Bahri
Operational - Personal Assistant Director, Telkom Property

Untuk informasi lengkap jadwal dan pendaftaran Publik Training Insan Performa 2018