WHY ASSESSMENTMengapa Perlu Asesmen

Berdasarkan banyak penelitian, Perusahaan yang mampu mempertahankan keberhasilan bisnisnya dalam jangka panjang, sangat ditentukan dengan seberapa hebat Perusahaan tersebut mampu memetakan, mengembangkan dan mempertahankan tenaga potensial dan prestatif (talent). Kemampuan Perusahaan untuk memetakan potensi dan kompetensi karyawan, termasuk calon karyawan menjadi sesuatu kegiatan yang penting dalam pengelolaan kinerja. Proses pemetaan ini kita kenal dengan istilah Asesmen (Assessment). Dengan Asesmen, organisasi dapat menganalisis kekuatan Sumber Daya Manusia dalam organisasi.

Hasil Asesmen sangat berguna untuk dijadikan dasar informasi dalam melakukan kegiatan rekrutmen, analisis kebutuhan pelatihan dan pengembangan, suksesi, promosi, kompensasi, termasuk juga untuk kegiatan rightsizing. Insan Performa Consultant, dengan sejumlah pengalaman dari tenaga ahlinya akan membantu Klien untuk, menganalisis potensi dan kompetensi yang akan diukur, melaksanakan Asesmen dan menyajikan laporan Asesmen yang akurat, komprehensif serta mudah untuk dipahami.

ASSESSMENT PROCESS & METHOD ANALYSIS

Dalam proses Asesmen, Insan Performa Consultants akan melakukan beberapa tahap kegiatan analisis antara lain;

SUBJECT ANALYSIS : Menganalisis profil calon peserta yang akan mengikuti Asesmen, baik profil jabatan, profil kompetensi, aspek-aspek psikologis yang akan diukur, dan jumlah peserta Asesmen.

OBJECTIVE ANALYSIS : Menganalisis tujuan dari Asesmen untuk menentukan metode yang paling efektif dan efisien. Beberapa tujuan Asesmen, antara lain Pengembangan, Seleksi, Penempatan, Promosi, dll.

METHOD ANALYSIS : Menentukan metode yang terbaik untuk melakukan Asesmen, apakah menggunakan Psikotes (psychological assessment), Assessment Center, Wawancara berbasis kompetensi (behavioral-based interview) atau bahkan Asesmen kemampuan fungsional dan teknikal.

OUR ASSESSMENT SERVICESJasa Asesmen Kami

  1. ASSESSMENT CENTER
    Insan Performa Consultant meyakini bahwa prediksi kesuksesan seseorang dalam menjalankan tugas-tugas di masa yang akan datang dapat dilakukan dengan metode Assessment Center. Dalam Assessment Center, Insan Performa Consultant akan menggunakan multi-tools, multi-methods, dan multi assessors. Dengan demikian akurasi pengukuran kompetensi seseorang dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya.
  2. BEHAVIORAL-BASED INTERVIEW (BBI)
    Metode asesmen dengan menggunakan teknik Behavioral-Based Interview adalah menggunakan metode wawancara yang menggali perilaku aktual. Kami menggunakan teknik “EAR” (Event-Action-Result) untuk menggali pengalaman masa lalu yang akan meramalkan perilaku di masa yang akan datang (“Passed behavior predicts future behavior”), apakah seseorang kemungkinan besar akan berhasil atau gagal dalam pekerjaannya.
  3. PSYCHOLOGICAL ASSESSMENT
    Dalam melakukan asesmen potensi individu, Insan Performa Consultants menggunakan beberapa tools untuk mengukur aspek psikologis individu seperti kebutuhan (needs), motif (motives), emosi (emotion), sifat dasar (traits), sikap mental (attitude), dll. Tools ini akan memberikan deskripsi dinamika kepribadian dan prediksi perilaku di masa yang akan datang. Dinamika kepribadian yang dimaksud meliputi aspek inteligesi, aspek sikap dan cara kerja, serta aspek kepribadian seseorang.
  4. ASSESSMENT TOOLS DESIGN
    Insan Performa menyediakan jasa perancangan (modifikasi) alat tes intelegensi dan kepribadian, mengingat banyak ditemukan kebocoran kunci jawaban alat tes yang digunakan secara umum, sehingga hasil asesmen diragukan kebenarannya. Demikian pula untuk alat ukur Asesmen kompetensi, dapat dirancang secara khusus dan disesuaikan dengan model kompetensi yang dimiliki Klien. Kepemilikan alat ukur sepenuhnya menjadi hak cipta Klien.