Competency Model Design & Application

cm

Kebutuhan akan tenaga kerja yang kompeten di bidangnya sangat krusial bagi organisasi. Sebagai langkah awal dari upaya sistematik untuk mengidentifikasi dan mengembangkan tenaga kerja yang kompeten, perusahaan perlu melakukan suatu analisis yang hati-hati dan terinci untuk mengidentifikasi jenis pengetahuan, keterampilan dan ciri pribadi yang diperlukan bagi insan di dalam perusahaan, sehingga ia dapat memberikan kontribusi yang optimal terhadap pencapaian target perusahaan.
Basis pengembangan model kompetensi adalah dari analisis terhadap ekspektasi perusahaan, nilai-nilai etika (corporate value) yang ditegakkan, misi dan visi serta analisis terhadap skenario strategi bisnis dan analisis terhadap data hasil serangkaian wawancara, pengamatan serta diskusi dengan Board of Directors, dan karyawan. Dari visi, misi dan nilai-nilai etika; skenario strategis bisnis; deskripsi posisi; dan kualitas top performer teridentifikasi sejumlah tingkah laku yang kritikal bagi keberhasilan bisnis. Dengan melakukan analisis dan kemudian sintesis terhadap data tingkah laku ini, ditarik sejumlah kompetensi yang kemudian diorganisasikan dan direpresentasikan dalam suatu gambaran model kompetensi. Model kompetensi ini kemudian dilengkapi dengan menambahkan sejumlah deskripsi tingkah laku untuk masing-masing kompetensi kritikal yang tercantum pada model. Dengan deskripsi tingkah laku, kompetensi – baik berupa pengetahuan, keterampilan maupun ciri pribadi – diangkat ke permukaan sehingga kompetensi dapat diamati dan “diukur”. Masing-masing deskripsi tingkah laku kemudian dikelompokkan menjadi enam tingkat kemahiran (proficiency level).

Output :

Model kompetensi organisasi, kamus kompetensi baik fungsional maupun soft competency, serta profil kompetensi yang merupakan syarat level yang harus dipenuhi pada sebuah posisi tertentu. Hasil tindak lanjut dari sebuah pengembangan model kompetensi diantaranya dapat diaplikasikan dalam rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, manajemen imbalan dan pengembangan karir.

Untuk informasi lengkap jadwal pelaksanaan Publik Training Insan Performa 2017