Organization Structure Design (OSD)

osd
Organization Structure Design (OSD)

Definisi dari organisasi adalah suatu kumpulan orang yang bersatu karena memiliki suatu tujuan yang sama. Setiap orang dalam organisasi memiliki peran tertentu yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan pencapaian tujuan organisasi. Dalam membentuk struktur organisasi adalah dengan membuat disain organisasi (organization design) yang merupakan pembentukan peran (roles), aktifitas pengolahan (process), dan bentuk hubungan formal (formal relationship) dalam suatu organisasi.
Di dalam pembentukan struktur organisasi itu sendiri, ada beberapa prinsip dasar yang harus dimiliki oleh struktur organisasi tersebut, diantaranya :

  • Prioritas pada pelanggan kunci (key customer priorities)
  • Mengurangi dan menghilangkan duplikasi organisasi
  • Menyederhanakan lapisan manajemen di dalam organisasi.
  • Meningkatkan saluran komunikasi (channel of communication) di dalam organisasi.
  • Memberikan peran, tanggungjawab yang jelas serta memiliki akuntabilitas.

Kerangka kegiatan yang dilakukan :

  • Mereview kondisi organisasi saat ini untuk mendapatkan gambaran mengenai organisasi MST dan ekspektasi manajemen terhadap organisasi
  • Menganalisis dan menyusun proyeksi kebutuhan struktur organisasi di masa depan untuk memastikan ketersediaan alternatif bentuk struktur organisasi berdasarkan visi dan potensi bisnis
  • Merancang Struktur organisasi sesuai dengan visi dan misi perusahaan

Output :

  • Hasil analisis kondisi organisasi
  • Rancangan struktur organisasi jangka pendek dan jangka panjang

Untuk informasi lengkap jadwal pelaksanaan Publik Training Insan Performa 2017